Ujian Masuk UGM 2022 telah dimulai Sabtu, 25 Juni 2022 kemarin.  Ujian Masuk akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 5 Juli 2022.  Perpustakaan FK-KMK UGM sebagai salah satu lokasi pelaksanaan ujian masuk, tutup layanan dari tanggal 25 Juni – 4 Juli 2022.  Selama pelaksanaan ujian, layanan perpustakaan diselenggarakan secara online melalui  http://libmed.fkkmk,ugm.ac.id.

Direktur Pendidikan dan Pengajaran  UGM,  Dr. agr. Ir. Sri Peni Wastutiningsih menyampaikan bahwa pendaftar UM UGM 2022 sebanyak 40.594 orang, terdiri dari Saintek ada 26.135 orang, Soshum ada 14.060 orang, dan campuran 399 orang.

 “Di Jogja lumayan banyak ada sekitar 34.000 orang, di Jakarta itu ada 6000 Lokasi  yang kita pakai ada 23 lokasi dengan 100 ruangan. Fakultas yang kita pakai ada 18 fakultas ditambah Sekolah Vokasi. Di Jogja ditambah dengan Perpustakaan, sementara di Jakarta seluruhnya dilaksanakan di kampus UGM Jakarta”, demikian imbuhnya.

Berdasarkan pantauan pelaksanaan UM UGM di seputar Perpustakaan FK-KMK UGM, Minggu 26 Juni 2022, banyak peserta yang berasal dari luar daerah, seperti  daerah Pati, Pekalongan, bahkan Tangerang dan Bekasi.

“Kami kehabisan tempat  di  Jakarta pak,  sehingga kami memilih ujian di sini”, ujar ibu Aditya dari Tangerang yang mengantarkan anaknya mengikuti UM UGM di Perpustakaan FK-KMK.

“Baru berangkat tadi malam dan nyampai di Jogja pagi ini’, imbuhnya menutup pembicaraan.

Sesuai dengan ketentuan tata-tertib UM-UGM , peserta ujian harus membawa bukti telah vaksin  (peduli lindungi/sertifikat vaksin), kartu peserta ujian , kartu identitas berfoto (KTP/SIM, Paspor), Ijazah asli/fotokopi yang dilegalisir/SKL asli. Peserta yang belum mendapatkan vaksinasi atau vaksinasi baru sekali wajib menyertakan hasil swab antigen maksimal 1x 24 jam, atau RT PCR.  (HS)