UTBK 2024 Hari Pertama Berjalan Lancar.

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) hari pertama gelombang 1 (satu) Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) di gedung Perpustakaan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK), Universitas Gadjah Mada (UGM) berjalan dengan  lancar, Selasa (30/4/2024).  Selama pelaksanaan UTBK 2024 gelombang 1 (satu), seluruh kegiatan layanan Perpustakaan FK-KMK UGM dialihkan secara online.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi SNPMB Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, pelaksanaan UTBK 2024 dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama berlangsung di tanggal 30 April sampai 7 Mei, sementara gelombang kedua berlangsung di tanggal 14 sampai 20 Mei 2024.  Setiap harinya ujian diadakan sebanyak  2 sesi, yaitu pagi dan siang.

Dari 400 peserta yang terdaftar mengikuti tes UTBK hari pertama di gedung Perpustakaan FK-KMK UGM sebanyak 14 peserta diketahui tidak hadir mengikuti ujian. Meskipun ada sedikit kendala teknis yang terjadi di beberapa pusat UTBK,  namun hal itu tidak sampai mengganggu kelancaran pelaksanaan ujian secara keseluruhan.

Ada beberapa aturan baru yang ditetapkan pada SNPMB 2024 kali ini.  Peserta yang dinyatakan lulus melalui jalur UTBK-SNBT 2024 dan telah melakukan daftar ulang pada PTN yang dituju, tidak dapat diterima pada seleksi Jalur Mandiri di PTN manapun.  Setiap peserta dapat memilih 4 (empat) jurusan yang diminati, 2 (dua) pilihan program akademik dan 2 (dua) pilihan program vokasi.

Selain itu soal UTBK 2024 juga memiliki sedikit perubahan, dimana pada tahun ini terdapat soal dengan jawaban berupa esai.  Namun demikian, tipe soal ini bukan soal yang membutuhkan uraian  panjang  lebar, hanya sekedar isian singkat. (HS)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.