Pelatihan Database EBSCO Medline with Fulltext: Membangun Sumber Daya Penelitian dan Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penggunaan database EBSCO : Medline with fulltext, Senin 26 Februari 2024.  Pelatihan ini diadakan sebagai upaya untuk memperkuat sumber daya penelitian di perpustakaan dan sekaligus memberikan dukungan terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs)

Budiono, ST, sales representative CV Sagung Seto, agen tunggal pemasaran EBSCO wilayah Indonesia menjadi pembicara utama dalam pelatihan ini.  Dalam presentasinya, Budiono, menjelaskan betapa pentingnya akses yang mudah dan efisien terhadap database EBSCO: Medline with fulltext bagi para peneliti di bidang kesehatan.  “Dengan ribuan jurnal dan publikasi ilmiah terkemuka yang ada, database ini menawarkan sumber daya yang ternilai untuk mendukung penelitian dan inovasi di bidang kesehatan”, demikian imbuh Budiono.

“Selain memberikan wawasan tentang penggunaan database, pelatihan ini juga meneguhkan peran perpustakaan dalam pencapaian berbagai target SDGs, seperti kesehatan dan kesejahteraan yang baik, pendidikan yang berkualitas, serta inovasi dan kemitraan untuk tujuan pembangunan berkelanjutan”, kata Sukirno, SIP, MA, Koordinator Urusan Perpustakaan FK-KMK UGM.

“Dengan adanya kemudahan akses ke berbagai sumber daya informasi yang kami sediakan, akhirnya para peneliti bidang kesehatan memiliki kesempatan besar untuk berkontribusi secara signifikan terhadap pencapaian SDGs,” imbuh Sukirno.

Peserta workshop terlihat sangat antusias pada sesi pelatihan praktis yang dilakukan. Pada sesi ini peserta diajak secara langsung mengakses dan memanfaatkan berbagai fitur yang ditawarkan oleh EBSCO: Medline with fulltext.  Peserta diajak menjelajahi beragam topik penelitian, mempelajari cara mengatur pencarian, dan mengeksplorasi cara menggunakan hasi pencarian dengan efektif.

Acara ditutup dengan harapan bahwa kerjasama antara Perpustakaan FKKMK UGM dan CV Sagung Seto akan terus berlanjut dalam mendukung pengembangan penelitian dan penggunaan sumber daya informasi yang inovatif di masa depan. (HS)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.