Judul |
Kurikulum Berbasis Kompetensi (Capaian Pembelajaran) untuk Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan: Implikasi Kebijakan dan Tantangan Implementasi
|
Edisi/Tahun | -/2022 |
Pengarang | Titi Savitri Prihatiningsih |
ISBN | 978-623-359-068-6 |
Penerbit | Gadjah Mada University Press |
Buku ini membahas perkembangan kurikulum berbasis kompetensi dan capaian pembelajaran, baik untuk pendidikan tinggi secara umum maupun untuk pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan. Latar belakang model kurikulum berbasis kompetensi dan capaian pembelajaran dikupas secara mendalam untuk memahami konteks perkembangan model kurikulum ini. Pengertian kompetensi dan capaian pembelajaran serta pengertian kurikulum berbasis kompetensi dan capaian pembelajaran dikupas secara detail, termasuk berbagai pandangan yang mendukung dan pandangan kontra. Setelah itu, dibahas implikasi pendekatan kurikulum berbasis kompetensi dan capaian pembelajaran untuk pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan, baik dari aspek kebijakan di tingkat makro maupun kebijakan di tingkat program dan institusi. Berbagai tantangan yang ada dalam implementasi pun dibahas, termasuk contoh-contoh penerapan dari berbagai negara dan/atau dari hasil penelitian penulis.