Judul Penuntun Praktis Penyakit Jantung Dan Pembuluh darah
Edisi/Tahun -/2020
Pengarang Leonardo Paskah Suciadi, Hawani Sasmaya Prameswari
ISBN 978-623-203-424-2
Penerbit EGC

 

Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan bidang keilmuan yang sangat kompleks dan terus berkembang pesat. Penguasaan khazanah pengetahuan ini membutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap anatomi, fisiologi, dan patofisiologi dari sistem kardiovaskular. Dengan demikian, setiap klinisi yang terlibat dalam penanganan pasien di bidang kardiovaskular diharapkan fasih dengan konsep patofisiologinya sehingga akan mempermudah dalam aplikasi diagnostik maupun tata laksana berbagai penyakit terkait.

Terbatasnya buku ajar mengenai penyakit jantung dan pembuluh darah berbahasa Indonesia yang praktis, mudah dipahami, tetapi komprehensif melatarbelakangi para Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh darah Alumni Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Universitas Padjajaran atau dikenal sebagai eks-Komunitas Residen Jantung (X-Korejat), untuk berinisiatif menyusun buku Penuntun Praktis Penyakit jantung dan Pembuluh darah ini.

Secara garis besar, dalam buku ini akan dijumpai berbagai ulasan menarik yang disajikan dalam bahasa yang lugas mengenai: Anatomi dan fisiologi jantung, meliputi siklus jantung, serta mekanisme aktivitas elektrik dan mekaniknya; konsep dasar pemeriksaan jantung, khususnya pengenalan akan temuan auskultasi bunyi dan bising jantung serta korelasinya denyan penyakit terkait; Konsep dasar interpretasi EKG; Macam-macam penyakit jantung dan pembuluh darah, dengan fokus uraian pada patofisiologi, dilengkapi dengan penyajian praktis terkait gejala dan tanda khas, alur diagnosis, klasifikasi, serta konsep penatalaksanaanterkini.

Buku Penuntun Praktis Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah ini diharapkan dapat menjadi rujukan tambahan bagi para mahasiswa kedokteran, Peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum maupun Dokter Spesialis, serta kalangan lain yang bermaksud menambah wawasan keilmuan di bidang Ilmu Penyakit jantung dan Pembuluh Darah.