Judul
Buku Ajar Praktik Asuhan Keperawatan Gangguan Saraf
Edisi/Tahun -/2021
Pengarang I Made Kariasa, Amelia Ganefianty, Arif Hidayatullah, Deny Prasetyanto, Eva Nilam Permata, Siti Aisah
ISBN 978-623-203-495-2
Penerbit EGC

Buku Ajar Praktik Asuhan Keperawatan Gangguan Saraf adalah hasil karya praktisi keperawatan medikal bedah peminatan neurologi. Buku ini menyajikan asuhan keperawatan untuk kasus-kasus gangguan neurologi yang lazim ditemukan. Uraian tiap kasus dilengkapi dengan tinjauan anatomi dan fisiologi, etiologi, pemeriksaan diagnostik, contoh kasus yang dibahas lengkap mulai dari pengkajian hingga evaluasi. Tiap kasus juga dlengkapi aspek legal dan etik, serta evidence-based asuhannya.

Penyajian setiap bab dibuat sederhana dan lengkap untuk memudahkan pembeca menemukan referensi untuk kasus yang dihadapi. Dengan demikian, buku ini dapat menjadi teman dalam praktik klinik khususnya di ruang neurologi. Buku ini juga dilengkapi gambar, tabel, dan bagan yang menjadi rujukan cepat berbagai hal yang dibutuhkan dalam melaksanakan asuhan pada praktik klinik.

Kasus yang umum terjadi dan diuraikan dalam buku ini adalah stroke, tumor otak, meningoensefalitis, status epileptikus, cedera kepala, miasteria gravis, dan sindrom Gullain-Barre