Judul
Challenges and Opportunities in Health Professions Education : Perspectives in the Context of Cultural Diversity
Edisi – (2022)
Pengarang Mora Claramita, Ardi Findyartini, Dujeepa D. Samarasekera, Hiroshi Nishigori
ISBN 978-981-16-7231-6
Penerbit Springer Nature Singapore Pte Ltd.

Buku ini membahas tantangan pendidikan profesi kesehatan khusus untuk budaya non-Barat, menerapkan paradigma pergeseran untuk mendidik profesional kesehatan masa depan menuju perawatan yang berpusat pada pasien. Sementara pendidikan profesi kesehatan telah menerima perhatian yang meningkat dalam tiga dekade terakhir, mempromosikan prinsip-prinsip pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dipelopori oleh para pemimpin dalam komunitas medis, sebagian besar, tetap berakar pada konteks Barat.

Membangun dari analisis Hofstede tentang fenomena dimensi budaya, yang mendukung cara orang membangun dan mempertahankan hubungan mereka dengan orang lain dan mempengaruhi kesejahteraan sosial, ekonomi, dan politik di seluruh negara, buku ini membatasi dimensi budaya yang berbeda antara Timur dan Barat, diterapkan pada pendidikan kedokteran. Dimensi budaya ‘hierarkis’ dan ‘kolektivis’ masing-masing dibongkar dalam beberapa penelitian yang berasal dari negara-negara non-barat, dengan kapasitas untuk secara positif mempengaruhi pendidikan dan layanan kesehatan.

Buku ini memberikan wawasan baru bagi para peneliti dan pendidik profesional kesehatan untuk memahami bagaimana konteks budaya mempengaruhi masukan, proses, dan output pendidikan profesional kesehatan. Contohnya termasuk bagaimana konteks budaya mempengaruhi cara siswa menanggapi guru, bagaimana guru memberikan umpan balik kepada siswa, dan tantangan umpan balik teman sebaya dan kerja kelompok.

Para penulis juga memeriksa penyebab keraguan siswa dalam mengusulkan ide-ide, norma budaya yang meresap untuk menjaga harmoni, tantangan kerja tim dalam pengaturan klinis, kebutuhan untuk peka terhadap kebutuhan kesehatan masyarakat, kompleksitas pengambilan keputusan klinis, dan tantangan bagaimana nilai-nilai budaya kolektivis bermain ke dalam dinamika kelompok.

Buku ini bertujuan untuk menganjurkan pendekatan yang lebih sensitif secara budaya untuk mendidik para profesional kesehatan, dan akan relevan bagi siswa dan praktisi di berbagai bidang kesehatan masyarakat dan pendidikan kedokteran.