Manajemen Referensi dan Sitasi Menggunakan Mendeley

Plagiarisme dalam penulisan karya ilmiah sering terjadi, baik  adanya  kesengajaan maupun ketidaksengajaan. Ketidaksengajaan dalam melakukan plagiarisme ini karena kebiasaan jalan pintas dalam penulisan karya ilmiah, yaitu budaya copypaste. Karya tulis agar terhindar dari plagiasi, maka penulisan sitasi harus baik dan benar sesuai ketentuan penulisan ilmiah.  Penulisan daftar pustaka menjadi tantangan tersendiri bagi penulis, sebab masing-masing gaya selingkung (citation style) memiliki cara penulisan berbeda-beda dan dapat  menyulitkan dalam pembuatan daftar pustaka.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi informasi muncul berbagai aplikasi manajemen referensi yang memudahkan sitasi dan penulisan daftar pustaka. Saat ini banyak tersedia aplikasi  manajemen referensi yang bersifat gratis, seperti Zotero dan Mendeley.  Mendeley merupakan salah satu aplikasi manajemen referensi yang populer dan memiliki banyak fitur menarik. Adapun fitur andalan Mendeley antara lain :

  1. Multiplatform, dapat berjalan pada sistem operasi Ms Windows, Macintosh, dan Linux;
  2. Kemampuan anotasi, highlighting, dan juga tagging;
  3. Ekspor dan impor database bibliografi;
  4. Integrasi dengan perangkat lunak word processing seperti Microsoft Word dan Libre/Open Office;
  5. 2 GB free storage.

Perangkat lunak Mendeley Desktop memiliki tampilan utama yang terbagi atas tiga kolom/bagian.  Kolom sebelah kiri (left panel) dikenal sebagai Library OverviewLibrary Overview berfungsi seperti windows explorer yang menyediakan tautan atau shortcut menuju dokumen referensi.  Folder utama dalam library overview adalah all document, recent document, dan favorites.  Jumlah folder dapat ditambah sesuai dengan pengelompokkan dokumen yang dibuat.   Library overview juga terdapat daftar group yang diikuti untuk berbagi data dengan penulis lain (kolaborator).

Perpustakaan FKKMK UGM telah membuat video tutorial untuk membantu pengunaan Mendeley sebagai  manajemen referensi dan sitasi,. Video tutorial tersebut diunggah dalam channel Youtube perpustakaan dengan alamat “Perpustakaan FK-KMK”. (Skr)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.