Departemen Anatomi FKKMK UGM Sukses Gelar “Anatomy The MOVIES 2024”

Yogyakarta, 31 Juli 2024 – Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) sukses menggelar acara Awarding Lomba Poster sebagai salah satu rangkaian kegiatan “Anatomy The MOVIES (Multiverse of Offline and Virtual Inovative Expo Series) 2024” pada hari Selasa, 30 Juli 2024, di Gedung Perpustakaan FKKMK UGM.

ATM 2024 adalah kompetisi poster dan pameran multimedia yang bertujuan untuk mempromosikan pembelajaran anatomi melalui pendekatan kreatif dan interaktif. Acara ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kalinya setelah acara serupa di tahun 2022.  ATM tahun ini mengambil tema “Exploding, Exhibiting, and Entertaining Anatomy” dengan penekanan pada pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran anatomi.

dr. Nur Arfian, Ph.D., penggagas Anatomy the MOVIES, dalam kesempatan terpisah menyatakan bahwa ATM ini diselenggarakan untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa kedokteran dalam mengembangkan pembelajaran anatomi. “Selain itu nanti kita juga akan mengenalkan buku ajar anatomi yang telah dikembangkan oleh Departemen Anatomi, FK-KMK UGM”, pungkas dr. Nur Arfian, Ph.D.

Rangkaian kegiatan ATM 2024, diawali dengan kompetisi poster yang dimulai sejak 27 Mei hingga 3 Juli 2024, dan penjurian dilaksankan pada 8 -18 Juli 2024 oleh dewan juri  Dr. Med. dr. Indwiani Astuti (Belmawa Kemendikbud), dr. Junaedy Yunus, MSc, Ph.D (Tim Museum Anatomi FK-KMK UGM), dan dr. Nanang Wiyono, M.Kes (Divisi Pendidikan dan Pengajaran Perkumpulan Ahli Anatomi Indonesia/PAAI).

Astia Anelia dari UGM berhasil meraih juara 1 kategori Embriology: The Ancient Views. Arella Fina Primaresti  (Universitas Trisakti) untuk kategori Embriology: The Middle Ages, dan Maritza Sabrina Dermawan (IPB University) untuk kategori Embriology: Unraveling The Mysteries of Congenital Disorders. Adapun juara 1 untuk kategori  Musculoskeletal: How We Move Joints diraih oleh Handry Dwi Putra (Universitas YARSI), Musculoskeletal: Bone Makes of Move oleh Veronika Florida Fiani (Universitas Nusa Cendana), dan Musculoskeletal: The Impaired Movements oleh Yanda Putri Arsanti (IPB University).

Juara 1 kategori Gastrointestinal: The Food Journey diraih oleh Muhammad Riadi Dwisaputro (Universitas Gadjah Mada).  Juara 1 kategori Cardiovascular: Two Super Tunnels diraih oleh Nourtarita A. Kurniahu Wattimury (Universitas Pattimura).  Kategori Respiratory: Breathe Easy Understanding The Upper Respiratory Problems diraih Nazwa Febry Savira (Universitas Airlangga), Respiratory: Journey to The Lower Respiratory Tract diraih Inzan Ilmi Kazamzam (Universitas Gadjah Mada).

Juara 1 kategori Neurosensory: Mind Blowing Things diraih Luh Putu Chandrika (Universitas Udayana), Neurosensory: How We Interpret The World (Silent Reading) diraih Angella (Universitas Trisakti), Neurosensory: Coordinating The Movement of Steady Hands diraih Fahdyanoor (Universitas Lambung Mangkurat).   Sedangkan juara 1 untuk kategori Genitourinary: The Pioneer of Transplantation diraih oleh Nadya Maharani (Universitas Andalas) dan kategori  Genitourinary: The Miracle of Birth diraih oleh Azzahra Fatinnuha (Universitas Gadjah Mada).  (HS)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.