Judul
Pengantar Paerawatan Paliatif
Edisi/Tahun -/2023
Pengarang Maria A. Witjaksono, Mora Claramita, Laksono Trisnantoro
ISBN 9786233592284
Penerbit Gadjah Mada University Press

Di negara-negara dengan pendapatan rendah dan menengah, penyakit tidak menular menimbulkan beban bagi negara. Di Indonesia, penyakit kanker memberikan beban pembiayaan yang sangat besar bagi pemerintah dan masyarakat. data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tahun 2014 menunjukkan penegeluaran dana untuk pasien kanker sebesar 2,5 triliun rupiah dan merupakan terbanyak ketiga setelah penyakit jantung dan gagal ginjal.

Di samping mendapatkan tata laksana konvensional untuk mencapai tujuan pengobatan, pasien dengan penyakit yang memiliki harapan hidup terbatas, seperti kanker, harus mendapatkan kesempatan perawatan paliatif yang berkualitas  sepanjang perjalanan penyakit untuk meningkatkan kualitas hidup dan mengurangi beban keluarga serta mencapai efisiensi layanan kesehatan. Pengembangan perawatan paliatif memerlukan kebijakan pemerintah, tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang perawatan paliatif, masyarakat yang sadar akan kebutuhan dan terlibat dalam perawatan paliatif, dan ketyersediaan obat-obatan yang diperlukan.

Perawatan paliatif adalah suatu pendekatan yang ditujukan bagi pasien dengan penyakit yang dapat mengancam jiwa, yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup pasien dan keluarganya yang mengalami masalah yang berhubungan dengan penyakit yang dapat mengancam jiwa melalui pencegahan dan mengurangi penderitaan melalui deteksi dini dan asesmen yang saksama serta pengobatan nyeri pada penyakit yang dapat mengancam jiwa, misalnya di bidang onkologi memberikan banyak manfaat.